Askep Anemia

Monday, October 26th, 2015 - Askep, Askep KMB

Askep Anemia – Anemia biasa di definisikan oleh para ahli dalam berbagai uraian kalimat. Berikut ini beberapa contoh definisi anmeia menurut para ahli : “anemia adalah suatu keadaan sebagai penurunan volume erytrosit atau kadar Hb sampai di bawah rentang nilai yang berlaku untuk orang sehat” (Nelson, 2000 : 1680). Menurut ahli yang lain anemia di definisikan sebagai pengurangan jumlah sel darah merah, kuantitas hemoglobin dan volume pada sel darah merah (hematokrit) per 100 ml darah” (Price, A, Sylvia, 1994 : 232). Menurut ahli yang lain :  suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dan atau jumlah erytrosit lebih rendah dari normal” (Jumiarni, 1992 : 112).

askep anemia

Dari definisi-definisi apara ahli tersebut, dapat di jelaskan bahwa anemia adalah suatu keadaan yang menggambarkan Hb/ erytrosit dalam darah kurang dari normal. Seseorang bisa dikatakan menderita anemia grafis apabila Hb < 5 gr%. Tingkatan anemia pada anak dibagi menjadi 3 yaitu :

  1. Anemia ringan : kadar Hb antara 8 – 10 gr%
  2. Anemia Sedang : kadar Hb antara 5 – 8 gr%
  3. Anemia Berat : kadar Hb adalah £ 5 gr%

Sedangkan kadar Hb normal :

  • Laki-laki : 15 gr% – 18 gr%
  • Perempuan : 12 gr% – 16 gr%
  • Bayi baru lahir : 18 gr%
  • Bayi umur 2 tahun : 11 gr%

Bahasan lebih lengkap dan terperinci tentang askep anemia bisa teman-teman baca makalahnya dengan mendownload file askep anemia di bawah ini :

askep anemia.doc

Askep Anemia | askep | 4.5