Askep Diare

Saturday, October 24th, 2015 - Askep, Askep KGD

Askep Diare – Diare atau sering disebut dengan gastroenteritis merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering di temui di masyarakat Indonesia. Diare (gastroenteritis) diartikan sebagai buang air besar yang tidak normal yang berupa bentuk tinja yang encer dengan frekuensi yang lebih banyak dari biasanya (Mansjoer Arief dkk, 1999). Menurut WHO (1980) diare adalah buang air besar encer atau cair lebih dari tiga kali sehari.

Di Indonesia diperkirakan angka kesakitan berkisar antara 150-430 per seribu penduduk pertahun. Dengan upaya yang sekarang telah dilaksanakan pemerintah, angka kematian di rumah sakit dapat ditekan menjadi kurang dari 3%. Dengan demikian di Indonesia diperkirakan ditemukan penderita diare sekitar 60 juta kejadian setiap tahunnya. Penderita diare ini sebagian besar (70-80%) adalah anak-anak dibawah umur 5 tahun (kurang lebih 40 juta kejadian). Sebagian dari penderita (1-2%) akan mengalami dehidrasi dan apabila tidak segera ditangani dengan benar akan berakibat lebih buruk lagi.

askep diare

Penyebab diare biasanya terjadi akibat infeksi saluran pencernaan yang di akibatkan oleh bakteri, virus, parasit, protozoa, ataupun karena faktor malabsorbsi dan faktor makanan lainnya. Diare akut karena infeksi (gastroenteritis) dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, diantaranya :

  1. Bakteri : jenis-jenis bakteri yang biasa menyebabkan diare diantaranya Escherichia coli, Salmonella typhi, Salmonella paratyphi A/B/C, Shigella dysentriae, Shigella flexneri, Vivrio cholera, Vibrio eltor, Vibrio parahemolyticus, Clostridium perfrigens, Campilobacter (Helicobacter) jejuni, Staphylococcus sp, Streptococcus sp, Yersinia intestinalis, Coccidiosis.
  2. Parasit : jenis-jenis parasit yang umum di temukan sebagai penyebab diare diantaranya Protozoa (Entamoeba hystolitica, Giardia lamblia, Trichomonas hominis, Isospora sp) dan Cacing ( A. lumbricodes, A. duodenale, N. americanus, T. trichiura, O. velmicularis, S. stercoralis, T. saginata dan T. solium)
  3. Virus : sedangkan dari jenis virus yang biasa menyebabkan diare adalah Rotavirus, Adenovirus dan Norwalk.

Penelitian di Rumah Sakit Persahabatan Jakarta Timur pada tahun 1993-1994 pada 123 pasien dewasa yang dirawat di bangsal diare akut didapatkan hasil isolasi yang merupakan  penyebab diare akut terbanyak adalah E. coli (38 %), V. cholera Ogawa (18 %) dan Aeromonas sp. 14 %).

 

Dalam tubuh manusia, keseimbangan cairan dan elektrolit sangat di perlukan untuk memelihara kesehatan dan fungsi tubuh secara normal. Keseimbangan di sini adalah menjaga distribusi air dan elektrolit yang masuk dan keluar di dalam tubuh secara seimbang. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit bisa terjadi akibat beberapa faktor yang berkaitan erat dengan beberapa macam penyakit. Karena itu, perawat di tuntut untuk selalu waspada terhadap beberapa macam perbedaan dari klien, meliputi penilaian dan koreksi pada ketidakseimbangan dan keseimbangan cairan dan elektrolit.

Untuk lebih jelas lagi mengenai bahasan askep diare, silahkan di download langsung makalah Askep Diare  di bawah ini :

Askep Diare Akut Infeksi

 

 

 

 

 

Askep Diare | askep | 4.5